Pelatihan di bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

Pelatihan di bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sangat penting, karena sebagian besar kecelakaan terjadi pada pekerja yang tidak terbiasa bekerja dengan aman. Penyebabnya adalah ketidaktahuan akan bahaya atau bagaimana cara mencegahnya, bahkan jika saya tahu tentang adanya bahaya. Oleh karena itu, pencegahan cedera terkait pekerjaan dan penyakit akibat kerja harus menjadi prioritas utama bagi semua pekerja di tempat kerja. Sebagai wirausahawan atau pemimpin bisnis, program pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja wajib berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman.
Pelatihan di bidang kesehatan dan keselamatan kerja adalah pelatihan yang dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan SSM para pekerja. Ini biasanya melibatkan prosedur untuk mengimplementasikan pekerjaan dan pengetahuan tentang risiko yang terlibat dan pencegahannya.
Keuntungan dari pelatihan yang efektif di bidang keselamatan kerja:
1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pekerja
2. Bantu pekerja melakukan pekerjaan dengan aman, tanpa membahayakan kesehatan mereka
3. Mengurangi kecelakaan di tempat kerja
4. Mengurangi absensi dan perwakilan karyawan
5. Pengurangan biaya kompensasi karena kecelakaan terkait pekerjaan dan PAK
6. Mengurangi biaya perawatan mesin dan kerusakan pada mesin
7. Tingkatkan kepuasan kerja
8. Meningkatkan produktivitas tenaga kerja
9. Bangun komunikasi dengan baik
10. Ciptakan kerja sama yang baik
11. Mengembangkan budaya keselamatan positif dengan lingkungan kerja yang aman dan sehat
12. Menghormati kewajiban hukum pengusaha untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pekerja.
Siapa yang butuh pelatihan K3?
Karyawan kontraktor di lingkungan perusahaan perlu memahami sistem keselamatan yang berlaku, praktik kerja yang aman, dan kontrol. Oleh karena itu, pelatihan K3 reguler harus dilakukan. Tentu saja, sifat pelatihan SSM akan bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
Seberapa sering pelatihan kesehatan dan keselamatan harus dilakukan?
Di Amerika Serikat, OSHA merekomendasikan agar setiap pemberi kerja menyelesaikan setidaknya empat kursus pelatihan kesehatan dan keselamatan kerja, termasuk:
1. Pelatihan awal diperlukan sebelum pekerja mulai bekerja
2. Untuk jenis pekerjaan tertentu, termasuk pekerjaan yang berkaitan dengan masalah medis dan lingkungan, diperlukan pelatihan tahunan untuk K3
3. inijasa.com tambahan untuk peningkatan atau pengembangan keterampilan khusus karyawan, dilakukan setiap tahun atau setiap tiga tahun
4. Pelatihan mengidentifikasi potensi bahaya yang terjadi setiap kali perusahaan mengidentifikasi bahaya pada pekerjaan baru.
Meskipun ada banyak pengalaman dengan pekerja, keterampilan pekerja sudah tinggi atau fakta bahwa mereka bekerja dengan aman sesuai dengan prosedur yang berlaku tidak berarti bahwa kecelakaan di tempat kerja atau kecelakaan tidak mungkin terjadi.
Pendidikan berulang, berulang, dan berkelanjutan, serta program pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja sangat penting untuk dilaksanakan setidaknya sekali setiap 1 tahun, setiap kali karyawan baru dipekerjakan, prosedur kerja diubah atau persyaratan tertentu dipenuhi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

l>